Wednesday, December 19, 2012

Bell's Passy, Akibat Semburan AC

Bell's Palsy, Kelumpuhan pada Satu Sisi Wajah 


Bell's Palsy merupakan suatu kelainan pada saraf wajah yang menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan tiba-tiba pada otot di salah satu sisi wajah. Meskipun kelumpuhan wajah ini tidak dikuti dengan kelumpuhan anggota tubuh lainnya, seperti yang pada gangguan peredaran darah otak pada umumnya, namun kondisi ini dapat mencemaskan karena biasanya terjadi tanpa gejala awal dan menyebabkan wajah tampak miring.

Istilah bell's palsy diambil dari nama seorang dokter dari abad 19, Sir Charles Bell. Dia adalah dokter  yang pertama kali menggambarkan kondisi ini dan menghubungkan dengan kelainan pada syaraf wajah.
 
Siapa yang rentan terhadap Bell's palsy
Bell's palsy erat kaitannya dengan cuaca dingin dan bisa menyerang orang yang bekerja di ruangan ber AC secara langsung. Angin dingin membuat syaraf di sekitar wajah sembab dan membesar. Pembengkakan syaraf nervous fascialis ini mengakibatkan pasokan darah ke syaraf tersebut terhenti. Bell's palsy terjadi secara tiba-tiba namun tidak menular. Penyakit ini berisiko menyerang remaja berusia 20-an, perempuan hamil, dan lanjut usia setelah 60 tahun. Penderita diabetes melitus dan pasca flu juga tak luput dari risiko penyakit ini.
Apa Penyebabnya?
Penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti, namun diduga terjadi pembengkakan pada saraf wajah sebagai reaksi terhadap infeksi virus. Akibatnya pasokan darah ke saraf terhenti dan menyebabkan kematian sel sehingga fungsi menghantar impuls/rangsangnya menjadi terganggu dan perintah otak untuk menggerakkan otot-otot wajah tidak dapat diteruskan. Infeksi virus yang dimaksud adalah semacam virus herpes simpleks, dimana virus tersebut dapat "tidur" selama beberapa tahun dan akan aktif jika seseorang terkena stres fisik ataupun psikis.
 
Gejala yang ditimbulkan
  • Rasa nyeri di belakang telinga, sesaat sebelum terjadi kelemahan otot wajah.
  • Penderita mengalami mati rasa atau merasakan ada beban di wajahnya.
  • Bagian wajah yang mengalami kelumpuhan terlihat datar, tanpa ekspresi dan bahkan miring.
 
  • Kelopak mata tidak dapat menutup sehingga bola mata akan berair terus-menerus, namun akan kering di malam hari ketika tidur.
  • Kesulitan berbicara terutama saat mengucapkan huruf konsonan karena mulut atau bibir tertarik ke satu sisi.
  • Kemampuan mengecap/merasa terganggu dan suara-suara terdengar lebih keras di satu sisi yang terkena.
Langkah pengobatan
Tidak ada pemeriksaan dan pengobatan khusus untuk Bell's palsy. Untuk membedakan Bell's palsy dengan penyakit lainnya, perlu dilakukan pemeriksaan rontgen, CT scan atau MRI serta melihat riwayat penyakit.
  • Beberapa ahli percaya bahwa pemberian kortikoteroid seperti prednison dan antivirus seperti asiklovir dalam 2 ¬ 3 hari pertama dan dilanjutkan sampai 1-2 minggu, dapat memperbaiki prognosis sampai 20%. Namun, apakah pengobatan ini bisa mengurangi nyeri dan memperbaiki kesempatan untuk sembuh, masih belum dapat dibuktikan.
  • Bagi kelumpuhan otot wajah yang menyebabkan Kelopak mata tidak dapat menutup, sebaiknya mata dilindungi dari kekeringan dengan menggunakan tetes mata pelumas setiap beberapa jam.
  • Pada kelumpuhan yang berat, pemijatan pada bagian otot yang lemah dan perangsangan saraf bisa membantu mencegah terjadinya kekakuan otot wajah.
  • Bila kelumpuhan bertahan sampai 6-12 bulan atau lebih, tindakan pembedahan untuk pencangkokan saraf ke dalam otot wajah yang lumpuh, bisa dilakukan. Biasanya pencangkokan diambil dari lidah. 

    sumber : http://www.conectique.com/tips_solution/health/disease/article.php?article_id=7895

    ==========================================================================

    sumber : http://annsilva.wordpress.com/2010/04/04/bell%E2%80%99s-palsy-case-report/

    PENDAHULUAN


    Bell’s palsy merupakan paresis nervus fasialis perifer yang penyebabnya tidak diketahui (idiopatik) dan bersifat akut. Banyak yang mencampuradukkan antara Bell’s palsy dengan paresis nervus fasialis perifer lainnya yang penyebabnya diketahui.
    Biasanya penderita mengetahui kelumpuhan fasialis dari teman atau keluarga atau pada saat bercermin atau sikat gigi/berkumur. Pada saat penderita menyadari bahwa ia mengalami kelumpuhan pada wajahnya, maka ia mulai merasa takut, malu, rendah diri, mengganggu kosmetik dan kadangkala jiwanya tertekan terutama pada wanita dan pada penderita yang mempunyai profesi yang mengharuskan ia untuk tampil di muka umum. Seringkali timbul pertanyaan didalam hatinya, apakah wajahnya bisa kembali secara normal atau tidak.
    Rehabilitasi medik pada penderita Bell’s palsy diperlukan dengan tujuan membantu memperlancar vaskularisasi, pemulihan kekuatan otot-otot fasialis dan mengembalikan fungsi yang terganggu akibat kelemahan otot-otot fasialis sehingga penderita dapat kembali melakukan aktivitas kerja sehari-hari dan bersosialisasi dengan masyarakat.



    DEFINISI
    Bell’s palsy adalah kelumpuhan fasialis perifer akibat proses non-supuratif, non-neoplasmatik, non-degeneratif primer namun sangat mungkin akibat edema jinak pada bagian nervus fasialis di foramen stilomastoideus atau sedikit proksimal dari foramen tersebut, yang mulanya akut dan dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan.

    EPIDEMIOLOGI
    Di Indonesia, insiden Bell’s palsy secara pasti sulit ditentukan. Data yang dikumpulkan dari 4 buah Rumah sakit di Indonesia didapatkan frekuensi Bell’s palsy sebesar 19,55 % dari seluruh kasus neuropati dan terbanyak pada usia 21 – 30 tahun. Lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Tidak didapati perbedaan insiden antara iklim panas maupun dingin, tetapi pada beberapa penderita didapatkan adanya riwayat terpapar udara dingin atau angin berlebihan.

    ETIOLOGI
    Banyak kontroversi mengenai etiologi dari Bell’s palsy, tetapi ada 4 teori yang dihubungkan dengan etiologi Bell’s palsy yaitu :

  • Teori Iskemik vaskuler
Nervus fasialis dapat menjadi lumpuh secara tidak langsung karena gangguan regulasi sirkulasi darah di kanalis fasialis.
  1. Teori infeksi virus
Virus yang dianggap paling banyak bertanggungjawab adalah Herpes Simplex Virus (HSV), yang terjadi karena proses reaktivasi dari HSV  (khususnya tipe 1).
  1. Teori herediter
Bell’s palsy terjadi mungkin karena kanalis fasialis yang sempit pada keturunan atau keluarga tersebut, sehingga menyebabkan predisposisi untuk terjadinya paresis fasialis.
  1. Teori imunologi
Dikatakan bahwa Bell’s palsy terjadi akibat reaksi imunologi terhadap infeksi virus yang timbul sebelumnya atau sebelum pemberian imunisasi.

PATOFISIOLOGI
Apapun sebagai etiologi Bell’s palsy, proses akhir yang dianggap bertanggungjawab atas gejala klinik Bell’s palsy adalah proses edema yang selanjutnya menyebabkan kompresi nervus fasialis. Gangguan atau kerusakan pertama adalah endotelium dari kapiler menjadi edema dan permeabilitas kapiler meningkat, sehingga dapat terjadi kebocoran kapiler kemudian terjadi edema pada jaringan sekitarnya dan akan terjadi gangguan aliran darah sehingga terjadi hipoksia dan asidosis yang mengakibatkan kematian sel. Kerusakan sel ini mengakibatkan hadirnya enzim proteolitik, terbentuknya peptida-peptida toksik dan pengaktifan kinin dan kallikrein sebagai hancurnya nukleus dan lisosom. Jika dibiarkan dapat terjadi kerusakan jaringan yang permanen.


GAMBARAN KLINIS
Biasanya timbul secara mendadak, penderita menyadari adanya kelumpuhan pada salah satu sisi wajahnya pada waktu bangun pagi, bercermin atau saat sikat gig/berkumur atau diberitahukan oleh orang lain/keluarga bahwa salah satu sudutnya lebih rendah. Bell’s palsy hampir selalu unilateral. Gambaran klinis dapat berupa hilangnya semua gerakan volunter pada kelumpuhan total. Pada sisi wajah yang terkena, ekspresi akan menghilang sehingga lipatan nasolabialis akan menghilang, sudut mulut menurun, bila minum atau berkumur air menetes dari sudut ini, kelopak mata tidak dapat dipejamkan sehingga fisura papebra melebar serta kerut dahi menghilang. Bila penderita disuruh untuk memejamkan matanya maka kelopak mata pada sisi yang lumpuh akan tetap terbuka (disebut lagoftalmus) dan bola mata berputar ke atas. Keadaan ini dikenal dengan tanda dari Bell (lagoftalmus disertai dorsorotasi bola mata). Karena kedipan mata yang berkurang maka akan terjadi iritasi oleh debu dan angin, sehingga menimbulkan epifora. Dalam mengembungkan pipi terlihat bahwa pada sisi yang lumpuh tidak mengembung. Disamping itu makanan cenderung terkumpul diantara pipi dan gusi sisi yang lumpuh. Selain kelumpuhan seluruh otot wajah sesisi, tidak didapati gangguan lain yang mengiringnya, bila paresisnya benar-benar bersifat “Bell’s palsy”.

DIAGNOSA
Diagnosa ditegakkan berdasarkan anamnesa serta beberapa pemeriksaan fisik, dalam hal ini yaitu pemeriksaan neurologis.
     Anamnesa :
-         Rasa nyeri.
-         Gangguan atau kehilangan pengecapan.
-         Riwayat pekerjaan dan adakah aktivitas yang dilakukan pada malam hari di ruangan terbuka atau di luar ruangan.
-         Riwayat penyakit yang pernah dialami oleh penderita seperti infeksi saluran pernafasan, otitis, herpes, dan lain-lain.
     Pemeriksaan :
-         Pemeriksaan neurologis ditemukan paresis N.VII tipe perifer.
-         Gerakan volunter yang diperiksa, dianjurkan minimal : 
  1. Mengerutkan dahi
  2. Memejamkan mata
  3. Mengembangkan cuping hidung
  4. Tersenyum
  5. Bersiul
  6. Mengencangkan kedua bibir
     Di instalasi Rehabilitasi Medik RSU Prof. dr. R. D. Kandou memakai SKALA UGO FISCH untuk mengevaluasi kemajuan motorik penderita Bell’s palsy.

SKALA UGO FISCH
Dinilai kondisi simetris atau asimetris antara sisi sehat dan sisi sakit pada 5  posisi :
Posisi Nilai Persentase (%) 0, 30, 70, 100 Skor
Istirahat 20

Mengerutkan dahi 10

Menutup mata 30

Tersenyum 30

Bersiul 10




Total
Penilaian persentase :
-  0 %     :   asimetris komplit, tidak ada gerakan volunter
-  30 %   : simetris, poor/jelek, kesembuhan yang ada lebih dekat ke asimetris komplit daripada simetris normal.
-  70 %   : simetris, fair/cukup, kesembuhan parsial yang cenderung ke arah normal
-  100%                             :  simetris, normal/komplit

Diagnosa Klinis : Ditegakkan dengan adanya paresis N.VII perifer dan bukan sentral. Umumnya unilateral
Diagnosa Topik :
Letak Lesi Kelainan motorik Gangguan pengecapan Gangguan pendengaran Hiposekresi saliva Hiposekresi lakrimalis
Pons-meatus akustikus internus + + + tuli/hiperakusis + +
Meatus akustikus internus-ganglion genikulatum + + + Hiperakusis + +
Ganglion genikulatum-N. Stapedius + + + Hiperakusis + -
N.stapedius-chorda tympani + + + + -
Chorda tympani + + - + -
Infra chorda tympani-sekitar foramen stilomastoideus + - - - -

Diagnosa etiologi : Sampai saat ini etiologi Bell’s palsy yang jelas tidak diketahui.


DIAGNOSA BANDING 
  1. Otitis Media Supurativa dan Mastoiditis
  2. Herpes Zoster Oticus
  3. Trauma kapitis
  4. Sindroma Guillain – Barre
  5. Miastenia Gravis
  6. Tumor Intrakranialis
  7. Leukimia

PROGNOSIS 
Sembuh spontan pada 75-90 % dalam beberapa minggu atau dalam 1-2 bulan. Kira-kira 10-15 % sisanya akan memberikan gambaran kerusakan yang permanen.

KOMPLIKASI
  1. Crocodile tear phenomenon
Yaitu keluarnya air mata pada saat penderita makan makanan. Ini timbul beberapa bulan setelah terjadi paresis dan terjadinya akibat dari regenerasi yang salah dari serabut otonom yang seharusnya ke kelenjar saliva tetapi menuju ke kelenjar lakrimalis. Lokasi lesi di sekitar ganglion genikulatum.­
  1. Synkinesis
Dalam hal ini otot-otot tidak dapat digerakkan satu per satu atau tersendiri; selalu timbul gerakan bersama. Misal bila pasien disuruh memejamkan mata, maka akan timbul gerakan (involunter) elevasi sudut mulut, kontraksi platisma, atau berkerutnya dahi. Penyebabnya adalah innervasi yang salah, serabut saraf yang mengalami regenerasi bersambung dengan serabut-serabut otot yang salah.
  1. Hemifacial spasm
Timbul “kedutan” pada wajah (otot wajah bergerak secara spontan dan tidak terkendali) dan juga spasme otot wajah, biasanya ringan. Pada stadium awal hanya mengenai satu sisi wajah saja, tetapi kemudian dapat mengenai pada sisi lainnya. Kelelahan dan kelainan psikis dapat memperberat spasme ini. Komplikasi ini terjadi bila penyembuhan tidak sempurna, yang timbul dalam beberapa bulan atau 1-2 tahun kemudian.
  1. Kontraktur
Hal ini dapat terlihat dari tertariknya otot, sehingga lipatan nasolabialis lebih jelas terlihat pada sisi yang lumpuh dibanding pada sisi yang sehat. Terjadi bila kembalinya fungsi sangat lambat. Kontraktur tidak tampak pada waktu otot wajah istirahat, tetapi menjadi jelas saat otot wajah bergerak.

TERAPI
a)      Terapi medikamentosa     :  Golongan kortikosteroid sampai sekarang masih kontroversi Juga dapat diberikan neurotropik.
b)      Terapi operatif                 :  Tindakan bedah dekompresi masih kontroversi
c)      Rehabilitasi Medik

REHABILITASI MEDIK PADA PENDERITA BELL’S PALSY
Sebelum kita membahas mengenai rehabilitasi medik pada Bell’s palsy maka akan dibicarakan mengenai rehabilitasi secara umum. Rehabilitasi medik menurut WHO adalah semua tindakan yang ditujukan guna mengurangi dampak cacat dan handicap serta meningkatkan kemampuan penyandang cacat mencapai integritas sosial.
Tujuan rehabilitasi medik adalah :
  1. Meniadakan keadaan cacat bila mungkin
  2. Mengurangi keadaan cacat sebanyak mungkin
  3. Melatih orang dengan sisa keadaan cacat badan untuk dapat hidup dan bekerja dengan apa yang tertinggal.
Untuk mencapai keberhasilan dalam tujuan rehabilitasi yang efektif dan efisien maka diperlukan tim rehabilitasi medik yang terdiri dari dokter, fisioterapis, okupasi terapis, ortotis prostetis, ahli wicara, psikolog, petugas sosial medik dan perawat rehabilitasi medik.
Sesuai dengan konsep rehabilitasi medik yaitu usaha gabungan terpadu dari segi medik, sosial dan kekaryaan, maka tujuan rehabilitasi medik pada Bell’s palsy adalah untuk mengurangi/mencegah paresis menjadi bertambah dan membantu mengatasi problem sosial serta psikologinya agar penderita tetap dapat melaksanakan aktivitas kegiatan sehari-hari. Program-program yang diberikan adalah program fisioterapi, okupasi terapi, sosial medik, psikologi dan ortotik prostetik, sedang program perawat rehabilitasi dan terapi wicara tidak banyak berperan.
      Program Fisioterapi
  1. Pemanasan 
    1. Pemanasan superfisial dengan infra red.
    2. Pemanasan dalam berupa Shortwave Diathermy atau Microwave Diathermy
  2. Stimulasi listrik 
Tujuan pemberian stimulasi listrik yaitu menstimulasi otot untuk mencegah/memperlambat terjadi atrofi sambil menunggu proses regenerasi dan memperkuat otot yang masih lemah. Misalnya dengan faradisasi yang tujuannya adalah untuk menstimulasi otot, reedukasi dari aksi otot, melatih fungsi otot baru, meningkatkan sirkulasi serta mencegah/meregangkan perlengketan. Diberikan 2 minggu setelah onset.
  1. Latihan otot-otot wajah dan massage wajah
Latihan gerak volunter otot wajah diberikan setelah fase akut. Latihan berupa mengangkat alis tahan 5 detik, mengerutkan dahi, menutup mata dan mengangkat sudut mulut, tersenyum, bersiul/meniup (dilakukan didepan kaca dengan konsentrasi penuh).
Massage adalah manipulasi sitemik dan ilmiah dari jaringan tubuh dengan maksud untuk perbaikan/pemulihan. Pada fase akut, Bell’s palsy diberi gentle massage secara perlahan dan berirama. Gentle massage memberikan efek mengurangi edema, memberikan relaksasi otot dan mempertahankan tonus otot. Setelah lewat fase akut diberi Deep Kneading Massage sebelum latihan gerak volunter otot wajah. Deep Kneading Massage memberikan efek mekanik terhadap pembuluh darah vena dan limfe, melancarkan pembuangan sisa metabolik, asam laktat, mengurangi edema, meningkatkan nutrisi serabut-serabut otot dan meningkatkan gerakan intramuskuler sehingga melepaskan perlengketan. Massage daerah wajah dibagi 4 area yaitu dagu, mulut, hidung dan dahi. Semua gerakan diarahkan keatas, lamanya 5-10 menit.

     Program Terapi Okupasi
Pada dasarnya terapi disini memberikan latihan gerak pada otot wajah. Latihan diberikan dalam bentuk aktivitas sehari-hari atau dalam bentuk permainan. Perlu diingat bahwa latihan secara bertahap dan melihat kondisi penderita, jangan sampai melelahkan penderita. Latihan dapat berupa latihan berkumur, latihan minum dengan menggunakan sedotan, latihan meniup lilin, latihan menutup mata dan mengerutkan dahi di depan cermin.


     Program Sosial Medik
Penderita Bell’s palsy sering merasa malu dan menarik diri dari pergaulan sosial. Problem sosial biasanya berhubungan dengan tempat kerja dan biaya. Petugas sosial medik dapat membantu mengatasi dengan menghubungi tempat kerja, mungkin untuk sementara waktu dapat bekerja pada bagian yang tidak banyak berhubungan dengan umum. Untuk masalah biaya, dibantu dengan mencarikan fasilitas kesehatan di tempat kerja atau melalui keluarga. Selain itu memberikan penyuluhan bahwa kerja sama penderita dengan petugas yang merawat sangat penting untuk kesembuhan penderita.

     Program Psikologik
Untuk kasus-kasus tertentu dimana ada gangguan psikis amat menonjol, rasa cemas sering menyertai penderita terutama pada penderita muda, wanita atau penderita yang mempunyai profesi yang mengharuskan ia sering tampil di depan umum, maka bantuan seorang psikolog sangat diperlukan.


     Program Ortotik – Prostetik
Dapat dilakukan pemasangan “Y” plester dengan tujuan agar sudut mulut yang sakit tidak jatuh. Dianjurkan agar plester diganti tiap 8 jam. Perlu diperhatikan reaksi intoleransi kulit yang sering terjadi. Pemasangan “Y” plester dilakukan jika dalam waktu 3 bulan belum ada perubahan pada penderita setelah menjalani fisioterapi. Hal ini dilakukan untuk mencegah teregangnya otot Zygomaticus selama parese dan mencegah terjadinya kontraktur.

HOME PROGAME
  1. Kompres hangat daerah sisi wajah yang sakit selama 20 menit
  2. Massage wajah yang sakit ke arah atas dengan menggunakan tangan dari sisi wajah yang sehat
  3. Latihan tiup lilin, berkumur, makan dengan mengunyah disisi yang sakit, minum dengan sedotan, mengunyah permen karet
  4. Perawatan mata :
    1. Beri obat tetes mata (golongan artifial tears) 3x sehari
    2. Memakai kacamata gelap sewaktu bepergian siang hari
    3. Biasakan menutup kelopak mata secara pasif sebelum tidur

No comments:

Post a Comment